Tuesday 15 January 2013

Mengenal Novel


Kemarin kita sudah sedikit mengulas tentang Cerpen, Dari pengertiannya hingga unsur-unsurnya. Membaca pengertian cerpen kemarin mengingatkanku akan jenis tulisanku yang ada di Blog ini, tergolong yang manakah tulisanku itu? cerpen or Novel? Untuk mengetahuinya Yuk kita mengulas Apakah Novel itu?
Pertama yang harus kita ketahui adalah pengertian Novel.
Apa sih arti Novel itu? Novel berasal dari bahasa Itali, juga dari bahasa Latin yakni novellus yang diturunkan pula dari kata novies yang berarti baru. Dikatakan baru karena kalau dibandingkan dengan jenis-jenis sastra lainnya seperti puisi, drama, dan lain-lain, maka jenis novel ini muncul kemudian (Tarigan, 1984:164).
Pendapat lain mengatakan Novel adalah karangan yang panjang dan berbentuk prosa dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang lain di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku (Depdikbud, 1989:618).
Sementara itu, Jassin dalam Zulfahnur (1996:67) mengatakan bahwa novel menceritakan suatu kejadian yang luar biasa dari tokoh cerita, dimana kejadian-kejadian itu menimbulkan pergolakan batin yang mengubah perjalanan nasib tokohnya.

Selanjutnya, Sayuti (1996:6-7) mengatakan bahwa novel cenderung expand (meluas) dan menitikberatkan complexity (kompleksitas). Meluas dan kompleksitas yang dimaksudkannya adalah dalam hal perwatakan, permasalahan yang dialami sang tokoh, serta perluasan dari latar cerita tersebut.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, penulis menyimpulkan bahwa novel adalah suatu cerita fiksi yang menggambarkan kisah hidup tokoh melalui rangkaian peristiwa yang kompleks dan mengubah nasib tokoh tersebut.
Sumber: http://nesaci.com/jenis-dan-pengertian-novel/

Jenis-jenis Novel
Menurut Muchtar Lubis dalam Tarigan (1984:165) cerita novel itu ada bermacam-macam, antara lain:
Novel avonuter adalah bentuk novel yang dipusatkan pada seorang lakon atau tokoh utama. Ceritanya dimulai dari awal sampai akhir para tokoh mengalami rintangan-rintangan dalam mencapai maksudnya.
Novel psikologi merupakan novel yang penuh dengan peristiwa-peristiwa kejiwaan para tokoh.
Novel detektif adalah novel yang merupakan cerita pembongkaran rekayasa kejahatan untuk menagkap pelakunya dengan cara penyelidikan yang tepat dan cermat.
Novel Politik atau novel sosial adalah bentuk cerita tentang kehidupan golongan dalam masyarakat dengan segala permasalahannya, misalnya antara kaum masyarakat dan buruh dengan kaum kapitalis terjadi pemberontakan.
Novel kolektif adalah novel yang menceritakan pelaku secara kompleks (menyeluruh) dan segala seluk beluknya. Novel kolektif tidak mementingkan individu masyarakat secara kolektif.
Sedangkan menurut Jakob Sumardjo dan Saini K.M (1986:29), jenis novel adalah sebagai berikut:
1)     Novel Percintaan
Novel percintaan melibatkan peranan tokoh wanita dan pria secara seimbang bahkan kadang-kadang peranan wanita lebih dominan.
2)     Novel Petualangan
Novel petualangan sedikit sekali memasukan peranan wanita. Jika wanita di sebut dalam novel ini maka penggambarannnya kurang berkenan. Jenis novel ini adalah bacaan pria. Karena tokoh-tokohnya adalah pria, dan dengan sendirinya banyak masalah untuk laki-laki yang tidak ada hubungannya dengan wanita.
3)     Novel Fantasi
Novel fantasi bercerita tentang hal-hal yang tidak realistis dan serba tidak mungkin dilihat dari pengalaman sehari-hari. Novel jenis ini menggunakan karakter yang tidak realistis, setting, dan plot yang juga tidak wajar untuk menyampaikan ide-ide penelitinya.
http://elmubahasa.wordpress.com/2009/12/06/jenis-jenis-novel/
Sumber lain juga menyebutkan Jenis-jenis Novel
Jenis Jenis Novel

Jenis novel berdasarkan kebenaran cerita
A.Berdasarkan nyata atau tidaknya suatu cerita,novel terbagi dua jenis
    1.Novel fiksi
sesuai namanya,novel berkisah tentang hal yang fiktif dan tidak pernah terjadi,tokoh,alur maupun latar belakangnya hanya rekaan penulis saja
contoh:twillight,harry potter   
    2.Novel non fiksi
novel ini kebalikan dari novel fiksi yaitu novel yang bercerita tentang hal nyata yang sudah pernah terjadi,lumrahnya jenis novel ini berdasarkan pengalaman seseorang,kisah nyata atau berdasarkan sejarah.
contoh:Laskar Pelangi

B.Jenis novel berdasarkan genre cerita,jenis novel di bagi menjadi beberapa macam,
    1.Novel romantis
cerita novel satu ini berkisah seputar percintaan dan kasih sayang dari awal hingga akhir
contoh:ayat ayat cinta,gita cinta dari smu
    2.Novel horor
jenis novel yang satu ini memiliki cerita yang menegangkan,seram dan pastinya membuat pembaca berdebar debar,umumnya bercerita tentang hal hal yang mistis atau seputar dunia gaib
contoh:bangku kosong,hantu rumah pondok indah
    3.Novel misteri
cerita dan jenis novel ini lebih rumit karena akan menimbulkan rasa penasaran hingga akhir cerita
contoh:novel novel karangan karen rose,agatha christie
    4.Novel komedi
sesuai namanya,jenis novel ini mengandung unsur kelucuan atau membuat orang tertawa dan benar benar tertidur
contoh:masuka masukin saja,kambing jantan,30 hari mencari cinta
   5.Novel Inspiratif
jenis novel yang ceritanya mampu menginspiri banyak orang,umumnya novel ini sarat akan pesan moral atau hikmah tertentu yang bisa di ambil oleh pembaca sehingga pembaca merasa mendapat suatu dorongan dan motivasi untuk melakukan hal yang lebih baik.
contoh:negeri 5 menara,laskar pelangi

C.Jenis novel berdasarkan isi,tokoh dan pangsa pasar
   1.Teenlit
berasal dari kata teen yang berarti remaja dan lit dari kata literature yang berarti tulisan /karya tulis
jenis novel ini bercerita seputar permasalahan para remaja umumnya,tentang cinta atau persahabatan.
tokoh dan pangsa pasarnya novel ini adalah anak usia remaja,usia yang di anggap labil dan memiliki banyak permasalahan
contoh:me vs heighells,dealova
    2.Chicklit
chick adalah bahasa slang dari amerika yang berarti wanita muda,jadi jenis novel yang satu ini bercerita tentang seputar kehidupan atau permasalahan yang di hadapi oleh seorang wanita muda pada umumnya.
jenis buku novel ini sebenarnya bisa di nikmati oleh siapa saja,namun umumnya cerita dari novel ini lebih kompleks,rumit bahkan kadang mengandung unsur dewasa yang tidak terlalu mudah di tangkap oleh pembaca usia remaja singkat
contoh:miss jutek,testpack
    3.Songlit
novel ini di tulis berdasarkan sebuah lagu contohnya ruang rindu,di mana judul novel adalah judul sebuah lagu ciptaan letto group band indonesia yang terkenal lewat lagu ini yang menjadi soundtrack sinetron intan yang melambungkan nama naysila mirdad dan dude harlino,buku ini bisa di nikmati oleh siapapun baik remaja maupun orang dewasa.
   
    4.novel dewasa
novel jenis ini tentu saja hanya di peruntukkan bagi orang dewasa karena umumnya ceritanya bisa seputar percintaan yang mengandung unsur sensualitas orang dewasa.
contoh:saman dan larung penulis ayu utami 
http://putrindrayani.blogspot.com/2012/11/jenis-jenis-novel-jenis-novel.html
Ciri-ciri novel inilah yang membedakan dengan karya sastra lainnya ..
Novel adalah karya sastra berjenis narasi
Novel adalah karya sastra berbentuk prosa
Novel adalah karya sastra yang bersifat realis, artinya menceritakan kehidupan tokoh secara nyata, tanpa disertai peristiwa-peristiwa yang gaib dan ajaib. Umumnya novel merupakan tanggapan pengarang terhadap lingkungan sosial budaya sekelilingnya
Novel adalah karya sastra yang berfungsi sebagai tempat menuangkan pemikiran pengarangnya sebagai reaksinya atas keadaan sekitarnya. Dalam aliran imprisionisme, pengarang menempatkan dirinya dalam kehidupan yang diceritakan. Perenungan-perenungan pembaca setelah membaca sebuah novel akan tiba pada sebuah pemikiran baru tentang makna hidup
Itulah sekilas mengenai novel. Mungkin yang sering kenal sekarang adalah novel teenlit. Yayaya itu itu novel remaja :D sudah mulai mendunia dan menjadi konsumsi para remaja sekarang.
http://bintang-kecil-ku.blogspot.com/2012/02/ciri-ciri-novel.html
Sekian Tentang Novel, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi sumber tulisan ini J terimakasih

Comments
3 Comments

3 comments:

Terimakasih atas kunjungannya, besar harapan penulis tolong tinggalkan jejak dalam kolom komentar, terimakasih....