Jumat, 20 Juli 2012

Teenlit, Apa itu teenlit?



Teeenlit, hmmm… kata baru yang aku tau dari seorang teman sekaligus rekan menulis. Berhubung penulis amatir dan tak tahu tentang dasar-dasar sastra, pelajaran Bahasa indonesia saja nilainya pas rata-rata minimal yakni mentok 75. Mungkin hanya diriku yang kurang terbuka dan tak mau tahu alias malas belajar hingga istilah teenlit saja tidak tahu. Hehehe
            Akhirnya dengan segenap tekad, aku kerahkan kemauan untuk menyelami informasi yang ada di internet. Taraaaaa… dapat juga pencerahan dari beberapa situs. Hehehe.
Well, mari kita tengok bersama.
1.      Pengertian Teenlit
Teenlit adalah singkatan dari Teen Literature merupakan sastra populer bertema kehidupan remaja dengan segala macam kisah yang memang dialami oleh remaja pada umumnya. Penggunaan bahasa yang merupakan bahasa gaul para remaja yang memang sangat melekat pada ciri khasa seorang remaja saat ini.
2.      Ciri-ciri Teenlit
Setelah membaca beberapa literatur akhirnya dapat disimpulkan ciri-ciri teenlit sebagai berikut:
  • Sesuai pengertiaanya yakni bernuansa emaja maka bahasa yang digunakan adalah bahasa gaul yang populer dikalangan remaja. Dan pastinya sangat ringan (dapat dinikmati) namun berbobot (tidak asal)
  • Bertemakan cerita cinta anak SMA, perkuliahan dan sebagainya. Misalnya seorang gadis yang mencintai seorang pria tampan dan kaya, ia berusaha mati-matian untuk mendapatkannya mulai dari awala bertemu hingga hidup bahagia.

3.      Contoh novel Teenlit yang populer dijamannya.
Pada tahun 70an ada ‘Ali Topan Anak Jalanan’ karya Teguh Esha dan ‘Roman Picisan’ karya Eddy Iskandar. Terus beranjak pada Tahun 90an ‘Lupus’ yang merupakan nama tokoh utama yang identik dengan permen karet karya Hilman Hariwijaya. Pada tahun 200an ada ‘Eiffel I’m in Love’ karya Rachmania Arunita yang terjual lebih dari 50 ribu eksemplar. Selain itu juga ada karya berjudul “Dealova”.
Tak hanya populer tapi beberapa diantaranya sukses difilmkan dilaya lebar, antara lain ‘Eiffel I’m in Love’ dan “Dealova”, serial “lupus” juga pernah masuk dalam layar televisi.

Nah, itulah beberapa yang saya dapat dari beberapa situs di internet mengenai pengertian teenlit, sudah tahu kan apa itu teenlit dan contoh karya yang tergolong teenlit?,  Sekarang saya sudah tahu apa sih Teenlit itu, hmmm… memang sih tulisanku banyak yang teenlit dan teenlit atau suka-suka ya? Hahahaha.  Ok, terimakasih atas kunjungannya.
Sumber referensi:
http://byteinc.wordpress.com/2009/04/21/sekilas-tentang-teenlit
http://www.anneahira.com/novel-populer.htm


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, besar harapan penulis tolong tinggalkan jejak dalam kolom komentar, terimakasih....